Rabu, 13 Maret 2013

Sedikit Tentang Soflens

Aku dapat bacaan bagus dan bermanfaat bagiku.. ^^
ini dia..


Ano minna, maaf ya, chandra cuma pingin berbai ke"sok tauan" sedikit mengenai softlens. Karena beberapa waktu yang lalu, sempeat membicarakan bahaynya dan cara aman pake soflen dengan beberapa teman, jadi chandra search dan menemukan sedikit ilmu ilmu tentang soflen
semoga sharing ini bermanfaat^^

Soflen untuk skrang ini, gak terlepas dengan namanya Cosplayer. Karena gak sedikit cosplayer yang memakai soflen supaya warna matanya sama dengan karakter yang akan di cosplaykannya.
banyak aspek yang memang harus diperhatikan dari soflens, karena ini secara langsung juga berhubungan dengan kesehatan mata.
beberapa hal yang harus dipehatikan adalah sebagai berikut

1. Pakailah soflen dengan yakin, jangan ragu ragu. banyak berlatih supaya lancar memakai dan melepasnya.
setau chandra, ada bebrapa cara memakai soflen:
1.Dengan Jari
a. Letakkan softlens di ujung jari telunjuk  dan tahan pada posisi yang sejajar dengan mata.
b. Letakkan jari tengah (tangan yang memegang softlens) untuk menahan kelopak mata bawah dan tarik ke bawah kelopak mata bawah.
c. Gunakan jari telunjuk atau jari tengah dari tangan yang lain untuk mengangkat kelopak mata atas. Lalu perlahan-lahan tempelkan softlens yang ada pada jari telunjuk di mata.
posisi soft lens yang benarLepaskan dengan lembut, kemudian lepaskan tangan anda lalu berkediplah.
2. Dengan alat
alat yang digunakan semacam stik. caranya sama seperti diatas, tapi telunjuk kita diganti dengan alat itu
Pastikan juga permukaan soflen tidak terbalik saat dipakai. Kalau dipake terasa ada yang mengganjal, coba lepas lagi lalu cek, siapa tau itu terbalik

2. Kebersihan soflen adalah hal mutlak yang memang harus dijaga. Soflen sangat rentan dengan debu, kalo debu nempel di soflen dan diapakai, akan menyebabkan iritasi di mata.
selalu jaga kebersihan soflens dengan rutin mengganti cairan soflennya, ya minimal 1 minggu sekali. Cek keadaan soflen sebelum dipakai,skali skali, seka permukaan soflen dengan lembut. Hati hati, jangan sampe menyobek lensa.
jaga juga kesterilan tempat soflen. setiapo ganti cairan, cuci juga tempat soflennya, supaya benar benar bersih
disalah satu artikel merawat soflen, disebutkan kalo soflen yang kita pakai itu perih, berarti itu ada tumpukan lemak di soflen. Cara menguranginya adalah dengan menghancurkan lemak tersebut tersebut. Caranya adalah dengan "steam".
Caranya, soflen yang masih ada di tempatnya, direndam dengan air yang bersuhu kurang lebih 70 celcius. Lalu ganti cairan soflen dengan yang baru. (sumber: http://zoeduniaremaja.blogspot.com/2011/12/cara-merawat-memakai-softlens.html)

3. Kebiasaan chandra, chandra memakai soflens sebelum make up, karena menurut chandra, keadaan tangan lebih bersih sebelum memakai make up, dan juga kalu chandra pake soflen gak skali jadi, kemungkinan cairan soflen bisa berantakan ke makeup, alhasil, make up luntur kena cairan soflen

4. Jangan sampe soflen kering, selalu pastikan cairan soflen merendam seluruh bagian soflen. karena soflen yang kering, bisa melukai retina mata. dan juga menyebabkan turunnya kualitas soflen. mata biasanya bakal lebih cepat lelah kalo pake soflens yang kering. karena pori2 soflens terutup, sehingga oksigen yang harusnya masuk ke mata terhalang.
Selain soflennya yang gak boleh kering, pastikan mata kita juga gak kering sebelum pake soflen. Karena ini cukup berbahaya. Kalo chandra, sebelum pake soflen, netesin dulu tetes mata biasanya merk "inst*" atau "visi*e" buat menjaga mata lembab, baru pake soflen.
ketika sudah pake soflen, dan merasa kering, Chandra biasanya pakai tetes mata khusus untuk mengurangi kering soflen pas udah dipakai, botolnya kecil. tapi kalo gak, kalo cairan soflennya multi purpose, bisa dipakai juga buat nentesin mata

5. Jangan memaksakan mata, soflen itu sebenrnya gak boleh dipakai terlalu lama, kalau mata udah merasa lelah, lebih baik lepas dulu untuk sementara. relaks-kan mata dengan mengedip. baru dipakai lagi soflensnya.
kalau mata udah merah, lebih baik udahan pake soflennya, itu tanda mata udah kekurangan oksigen. kalo diteruskan bisa jadi pusing biasanya.

6. Pilih soflen dengan kadar air yang cukup tinggi. Pilih juga soflen dengan merek terpercaya. hati hati dengan soflen palsu atau recycle.

Sekian sharingnya, maaf kalo terkesan sok tau, hanya ingin berbagi apa yang chandra tau aja. Keep your awesome Cosplay. Selalu jadikan Cosplay Is Fun!^^
x_x

sumber: https://www.facebook.com/notes/dhimas-chandra/sedikit-tentang-soflens/571549286197467

Tidak ada komentar:

Posting Komentar